MASAKAN ASEM-ASEM DAGING SAPI KHAS KELUARGAKU

ASEM-ASEM DAGING SAPI




Memasak adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi memasak bersama keluarga. Saya memulai belajar memasak pada saat SMA. Dan diajari oleh nenek saya karena saya tinggal bersama nenek saya. Kali ini saya akan menceritakan jenis masakan yang saya buat. Hari ini saya memasak masakan Asem-asem Daging Sapi yang kaya gizi dan antioksidan.

Asal usul masakan Asem-asem daging sapi.

    Pada akhir abad ke-15M ada seseorang yang ditempatkan oleh Kerajaan Demak, dikenal sebagai Pangeran Made Pandan, untuk dekat agama islam dari perbukitan Pragota. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu munculah pohon asam dengan jarak tumbuh yang berjauhan(jarang-jarang). Dalam bahasa Jawa,jarang disebut arang. Hal ini menginspirasi Pangeran Made Pandan sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang. Bahasa Jawa: Asem sing Arang artinya (pohon) asam yang jarang). Penamaan sayur asem-asem daging tentunya berasal dari bahan utama yang memberikan rasa masam yang kuat yaitu pohon asam.

Kandungan Gizi Sayur Asem-asem Daging Sapi

        Selain karena proses pembuatan simpel, masakan Sayur Asem-asem Daging ini juga mengandung gizi yang komplet. Pas sekali dihidangkan untuk anak-anak yang memang membutuhkan gizi lengkap untuk pertumbuhanya. Rasanya yang segar dan sedikit manis ditambah buncis yang renyah pasti enak sekali rasanya. Bahan utama daging dalam asem-asem daging merupakan sumber protein hewani. Protein yang dikandung oleh daging merupakan protein yang sempurna dalam arti mereka mensuplai semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dan mudah dicerna. Kandungan protein daging sapi berkisar antara 15-20%. Sebuah penelitian mengungkapkan kandungan protein khususnya daging sapi adalah 17%. Daging sapi merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat baik. Daging sapi merupakan sumber mineral yang baik,terutama zat besi dan seng. Dibandingkan dengan zat besi dan seng yang terdapat didalam bahan pangan nabati,maka zat besi dan seng dalam daging merah lebih mudah diabsorpsi.

        Nah,kalau kita lihat penampakan sayur asem-asem daging ini, yang jelas kuahnya terlihat berminyak yang berasal dari lemak daging. Namun kita tidak perlu khawatir mengkonsumsinya, karena seperti diatas, asem-asem daging juga mengandung sayur-sayuran yang mengandung antioksidan yang bisa menetralisir efek radikal bebas dalam minyak. Rasa asam pada asem-asem daging berasal dari asam jawa. Selain sebagai bumbu masak, asam jawa sudah lama digunakan secara empiris sebagai bahan obat dalam seduhan dan jamu tradisional. Daging buah asam mengandung bermacam-macam asam, seperti tatrat, malat, sitrat, suksinat, asetat. Asam berkhasiat untuk memudahkan buang udara besar dan melancarkan peredaran darah. Khususnya asam tartrat yang bisa membentuk gel dengan udara, bisa mengikat lemak yang berasal dari daging sapi dan menetralisirnya.

Komposisi Sayur Asem-asem Daging

        Bahan utama dari asem-asem daging ini adalah daging sapi. Selain daging, ditambahkan sayur-sayuran yang membuat hidangan ini terasa segar yaitu belimbing wuluh, wortel serta buncis. Bumbu dan rempah yang digunakan untuk menciptakan perpaduan rasa asam-manis-pedas-gurih antara lain bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, laos, terasi, garam, gula, penyedap rasa.

Bahan-Bahan masakan

* Daging sapi

* Wortel

* Buncis

* Tempe


FOTO BAHAN


FOTO BAHAN UTAMA



Bumbu-Bumbu Masakan:
* Cabe(Sesuai selera)
* Bawang merah(5)
* Bawang putih(3)
* Laos(1)
* Daun jeruk(2)
* Belimbing(Secukupnya)
* Penyedap rasa
* Garam
* Gula
* Terasi(Secukupnya)


FOTO BUMBU


Cara pengolahanya 
     Yaitu sangat simpel. Daging yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong direbus hingga empuk, lalu daging dipotong potong. Setelah itu bumbu diracik seperti cabai,bawang merah,bawang putih diiris. Lalu tumis semua bumbu ke dalam wajan bersamaan dengan laos, daun salam, daun jeruk beserta terasi. Setelah itu, siapkan panci untuk membuat sayurnya. Kemudian masukan tumisan bumbu kedalam panci berikutnya beri air setelah itu masukan buncis, wortel, serta tempe. Kebetulan tadi saya juga menggunakan irisan tempe. Lalu beri garam, gula, serta penyedap rasa. Setelah itu tunggu hingga mendidih dan siap disajikan. Secara keseluruhan, proses pengolahan sayur asem-asem daging tidak rumit dan setelah saya mencicipinya rasanya enak, masam, manis, segar, dan sedikit pedas. Sangat cocok disantap saat menjelang musim penghujan seperti sekarang ini. Keluarga saya pun menikmati masakan tersebut.

Cara menghidangkanya

   Yaitu dengan menaruhnya di meja makan lalu makan bersama dengan keluarga. Menikmati masakan tersebut pastinya bersama keluarga pada saat lapar dan cocok dihidangkan pada  musim hujan sekarang ini. Saya menikmati masakan tersebut bersama nenek, budhe, dan pakdhe. Suasana makan bersama keluarga di ruang tamu yaitu cerita mengenai masakan tersebut dan katanya enak. Semuanya suka semua tidak ada yang tidak suka.

Hal menarik dari masakan 

    Yaitu dagingnya yang empuk dan rasanya yang enak membuat saya ketagihan. Racikan bumbu itu nenek saya yang tau. Karena sejak zaman dahulu nenek saya pernah memasak masakan tersebut rasanya enak. Yang meracik bumbu adalah nenek saya.

Peluang menjadi kuliner andalan/kuliner warung/warung online.

     Dalam menjalankan usaha asem-asem daging ini tentunya Anda memperlukan peralatan yang mendukung. Demi mewujudkan kelancaran usaha yang lebih maksimal untuk memiliki mesin pemotong daging. Mesin pemotong daging ini memiliki kegunaan untuk memotong daging dengan cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Usaha asem-asem daging ini bisa menjadi destinasi untuk usaha kuliner Anda.

Kendala stok bahan masakan

Dalam saya memasak, Alhamdulilah tidak ada kendala stok bahan yang habis. Ada kekurangan tetapi masih bisa diambil di tanaman.kebetulan ada tetangga saya yang punya tanamanya. Contohnya, daun jeruk.

Tantangan kedepan

Buat saya, Saya harus bisa memasak sendiri tanpa bantuan orang lain, dan harus bisa menguasai masakan lainya. Bisa juga pakai buku memasak agar bisa mencoba sendiri. Memasak memang kadang melelahkan, Apalagi jika jumlahnya banyak. Namun saya akan mencoba membiasakan diri mengambil waktu sebentar untuk mengapresiasi hasil masakanku. Saya akan membuktikan kepada keluargaku bahwa saya bisa memasak.

 

PENULIS Adalah RILY AMELIA, Tinggal di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Kode Pos Pamotan 59261 dengan alamat surel  rilyamelia03@gmail.com


     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILSILAH KELUARGAKU

Perubahan Sosial di Kampungku Pada Masa Pandemi COVID-19